Total Pageviews

musim liburan hampir tiba....siap lebih awal

Tuesday, November 27, 2012

mancing alay di ujungkulon

jalan-jalan kita kali ini berbeda dari yang sudah pernah biasa dilakukan. kalau dulu naik kapal cuma nyebrang aja, namun kali ini bener-bener berencana jalan-jalan di laut alias mancing. rame-rame berangkat dari jakarta, ggak cuma dengan teman sekantor, tapi juga temen2 dari kantor world bank. 
persiapan mancing kali ini bener2 direncanaain dengan serius, jauh2 hari sudah beli perlengkapan mancing buat peserta. maklum, kali ini peserta mancing nggak cuma yang hobi mancing, tapi juga yang cuma pengen seru-seruan. total peserta mancing ada 15 orang.
berangkat dari jakarta jam 7 malem, menuju labuan banten. sampai di kondominium lippo bay resort pantai carita pukul 23.30 wib.  kita menginap semalem buat istirahat. pukul 03.00 wib pagi kita langsung menuju ke dermaga kapal di kecamatan sumur. sampai di rumah pak haji, yang sewain kapal buat mancing sekitar jam 6 pagi, kita langsung di sediain teha panas, kopi panas dan pisang goreng. setelah ngopi kita sarapan pagi di warung sebelah, karena rumah pak haji ini memang di pasar kecil pinggir tpi tradisional. sambil kita sarapan pagi, ABK angkut barang-barang kita ke kapal, tidak lupa kita juga beli perbekalan untuk selama berada di kapal. mulai dari bumbu-bumbu masak, beras, air mineral, buah2an, umpan pancing, berupa cumi2 segar, semua lengkap. setelah semuanya beres, kita siap naik ke kapal, untuk sampai di kapal yang kita sewa, kita harus naik perahu kecil dulu, maklum, pantainya dangkal jadi kapal besar tidak bisa sampai ke tepi.
selain buat nyebrang ke kapal yang lebih besar, tempat ini juga merupakan TPI ( tempat pelelangan ikan) tradisional. nelayan yang pulang dari berlayar, menurunkan ikan hasil tangkapannya di tempat ini, makanya pagi ini tempat ini ramai sekali, banyak kegiatan jual beli ikan. ikan yang baru datang langsung serbu pedagang yang sudah menunggu. sebagian besar pedagang ikan disini adalah ibu-ibu. ikan hasil tangkapan nelayan juga bermacam-mcam jenisnya, dari ikan teri sampai ikan tongkol. pagi ini selain rame oleh aktifitas pedangan dan nelayan, tempat ini tambah ramai dengan aksi jeprat jepret hehehe...
untuk sampai ke kapal untuk mancing, kami naik 2 perahu,satu untuk barang dan pemancing, dan satunya lagi untuk pemancing. maklum perahunya kecil jadi gak muat kalau cuma 1 perahu untuk menyeberang.
sampai di kapal motor panaitan, kami langsung menuju spot fishing yang pertama. perjalanan diinformasikan sampai 6 jam. selama perjalanan laut tenang, ombak tidak terlalu tinggi. pemandangan laut yang indah, jernih, angin yang tidak terlalu panas, membuat perjalanan semakin asik. namun ini tidak terlalu lama, karena berikutnya, semua orang kayaknya tidur..hahahah....
sampai di spot fishing, dengan  mata yang masih ngantuk, mengamati sekeliing. umpan sudah disiapain, tinggal bagi2 pancing dan ambil posisi masing-masing.
mancing di sekitar ujung pulau jawa ini memang asik, ombak tidak terlalu besar, cenderung tenang. angin juga tidak kencang. teknik mancing yang kami pakai adalah teknik jiggling, karena perlatan mancing tidak mendukung untuk popping. rata2 semua dapat ikan, ikan kerapu, kakap merah, sampai ikan yang gak tahu namanya apa....
hasil dari mancing pagi ini langsung di serahkan kepada ABK untuk segera di masak, sebagai lauk makan siang. ya..karena ternyata kami hanya membawa perbekalan bumbu, minyak dan beras. untuk lauknya mengandalakan hasil tangkapan pancing saat itu juga..wah.....nekat...
sekitar 2 jam di spot fishing pertama, kami pindah lokasi mancing, namun masih di sekitar ujung pulau jawa. disini berpindah2 lokasi, kadang bertemu dengan kelompok pemancing lain. rencananya, kami di lokasi ini sampai besuk pagi. jadi kami menginap di kapal ini, sampai besuk pagi. cuaca mendukung, hanya hujan sekali kira2 jam 18.00 wib. setelah itu reda sampai pagi.
kami tidur di atas kapal, masing2 ambil posisi yang paling nyaman, berdesesak2kan..namun ada juga yang dapat tempat tidur nyaman. kalau pakai mantel hujan, bisa tidur di atas kapal.
pagi-pagi...udah ada yang mulai mancing, aku sih..bangun karena udah terasa panas di dalam kapal..hehehe
lanjutin mancing..setelah cuci muka dan gosok gigi, mandinya ditunda dulu, maklum persediaan air terbatas...
seperti yang lalu-lalu, hasil pancingan kita pagi ini buat makan siang nanti, pagi ini kita sarapan bubur kacang ijo. kita puas2in mancing pagi ini sampai siang, dan sekitar jam 11 siang kita menuju pulau peucang, taman nasional ujung kulon. disini kami sandar kapal, berenang dipantai, dan mandi. di pulau ini kami bertemu dengan beberapa orang yang datang dengan kapal. setelah ngobrol ternyata mereka akan berziarah ke gua sang hyang yang ada di ujung pulau ini. selain bertemu dengan bapak-bapak peziarah,kami juga ketemu dengan sekelompok wisatawan asing yang datang dengan 2 kapal cepat. mereka ke pulau ini setelah berlibur dari kratatau. menginap di bungalow disini, untuk satu rumah, biayanya US $250. 


tiba di lippo bay kondominium pantai carita

suasana tpi tradisional kecamatan sumur batu banten
transaksi hasil laut di tpi sumur batu banten di pagi hari

kebanyakan pedagang ikan adalah perempuan, sedangkan kaum prianya menjadi nelayan

menunggu hasil laut yang akan di bawa mendarat oleh nelayan

perbekalan mancing sehari semalem

menyeberang ke kapal mancing menggunakan perahu kecil

kapal mancing kita


ikan barracuda hasil trolling

eksyen dulu....

kawasan taman nasional ujungkulon

kapal kita mendarat untuk mandi dan makan siang di pulau peucang


















2 comments:

weather station said...

wahhh mau dong mancing disana . . .

timbangan said...

keren banget deh bisa mancing disana


Blog Archives

kolom komentar

Dapatkan comment widget ini di sini
Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More

 
voyeur porn porn movies sex videos hd porno video