Total Pageviews

musim liburan hampir tiba....siap lebih awal

Monday, July 30, 2012

buka sekalian sahur


berulang kali puasa ramadhan dijalan, ato di luar kota seringkali bikin lemes. iya karena persiapan yang kurang. kadang sudah inget, kalo perjalanan jauh mungkin pas waktu buka masih di tengah perjalanan, tapi kalo mau siapin makanan dan minuman kok rasannya kurang enak juga. seringkali cuma mengharapkan pak sopirnya tahu kalo kita2 lagi puasa jad kalo udah masuk magrib bisa berhenti sebentar ato pas magrib ada asongan aqua ato mizone yang masuk kendaraan. 
ramadhan tahun lalu, pernah pas buka ada di pesawat lion air, diatas langit antah berantah. pak pilot sih udah kasih kabar kalo waktu udah masuk magrig, trus penumpang dipersilahkan berbuka...lha aku yang gak bawa apa2..trus piye...nunggu asongan masuk yo gak enek....akhirnya acara buka puasa tertunda sampai tiba di mataram.
ramadhan kali ini, beberapa kali ngalami saat buka ada di atas kendaraan, mulai dari bis antar kota, kereta api,sampai motor. tapi sudah lumayan..kemarin sudah siapin makanan ato minuman, meski sebatas aqua aja. ternyata persiapan itu penting. dan sangat dianjurkan. kemarin juga, pas buka ada dia bus, tenang aja, soalnya udah siapin minuman...plus roti ( yang ini karena nggak ada kembalian, trus dikasih roti seribuan). sebenarnya sih kalau di bus pas buka, ditawari ama temen sebangku buat buka puasa, tapi takut kalo-kalo di bius..hahaha....

hotel murah di solo

Berlibur di Solo pastinya seru dan menyenangkan. Nah agar liburan Anda berjalan dengan lancar. Ada baiknya anda harus mengetahui daftar dan info penginapan yang ada di kota Solo. Untukk mengetahui harganya, anda bisa menghubungi langsung ke bagian reservasi hotel:

Hotel BINTANG 5 Solo *****

   1. HOTEL LOR IN  : Jl. Adi Sucipto No 47 Solo.   Telp (0271)724500 Fax (0271)724400
   2. HOTEL SAHID JAYA : Jl. Gajah Mada No 82 Solo. Telp (0271)644144 Fax (0271)644133
   3. KUSUMA SAHID PRINCE HOTEL : Jl. Sugiyopranoto, Solo. Telp(0271)646356 Fax(0271)646356

Hotel BINTANG 4 Solo ****

   1. HOTEL NOVOTEL : Jl. Slamet Riyadi No 272 Solo. Telp(0271)724666 Fax(0271)724666
   2. THE SUNAN HOTEL : Jl. Ahmad Yani No 40 Solo. Telp(0271)731312 Fax(0271)738677

Hotel BINTANG 3 Solo ***

   1. HOTEL RIYADI PALACE : Jl. Slamet Riyadi No 335 Solo. Telp(0271)713300 Fax(0271)721552
   2. HOTEL SOLO INN : Jl. Slamet Riyadi No 366, Solo. Telp(0271)716075 Fax(0271)716076
   3. HOTEL AGAS INTERNATIONAL : Jl.Dr. Muwardi No. 44 Solo. Telp (0271)714888 Fax(0271)720747
   4. HOTEL INDAH PALACE : Jl. Veteran No 284 Solo. Telp(0271)711011 Fax(0271)724368
   5. HOTEL DANA : Jl. Slamet Riyadi No 286 Solo. Telp (0271)7118989 Fax(0271)713880
   6. HOTEL GRAND SETIA KAWAN BARU : Jl.Ahmad Yani No 290 Solo. (0271)718989 Fax(0271)715243
   7. HOTEL ASIA : Jl. Monginsidi No 01 Solo. Telp(0271)661166 Fax(0271)646418
   8. HOTEL IBIS : Jl. Slamet Riyadi No 272 Solo. Telp(0271)724555 Fax(0271)724666

HOTEL BINTANG 2 Solo **

   1. HOTEL PRAMESTHI : Jl. A. Yani 101 Kartasura, Solo. Telp(0271)782277 Fax(0271)784245
   2. HOTEL KUSUMA KARTIKA SARI : Jl. Ir. Sutami. No 63 Solo. Telp(0271)656861 Fax(0271)656862
   3. HOTEL DIAMOND : Jl. Slamet Riyadi No 392 Solo. Telp (0271)726232 Fax(0271)715343
   4. HOTEL GRAND ORCHID : Jl. Gajah Mada No 29 Solo. Telp(0271)731888 Fax(0271)712233
   5. HOTEL GRAND SOBA : Jl. Raya Langenharjo Dlopo Blok GE 30-31 Solo Baru, Sukoharjo. Telp(0271)626698
   6. HOTEL BINTANG : Jl. Ir. Sutami No 104 Solo. Telp(0271)648737 Fax(0271)646418

HOTEL BINTANG 1  Solo *

   1. HOTEL SANASHTRI : Jl. Sutawijaya No.45 Solo. Telp(0271)718308 Fax(0271)715807
   2. HOTEL INDAH JAYA : Jl. Hasanudin No 116 -118 Solo. Telp(0271)717445 Fax(0271)715444
   3. HOTEL GRAHA INDAH BARU : Jl. Dr. Setiabudi NBo 39 Solo. Telp(0271)714755
   4. HOTEL WISATA INDAH : Jl. Slamet Riyadi No 173 Solo. Telp(0271)646770, 643753
   5. HOTEL KOMAJAYA KOMARATIH : Jl. Lawu Kav 150-151 Tawangmangu Telp.(0271)697125 Fax(0271)697205

HOTEL MELATI SOLO

   1. HOTEL BARON INDAH : Jl. Dr. Rajiman No 374 Solo. (0271)729071 Fax(0271)732090
   2. HOTEL TRIHADI : Jl. Monginsidi No 97 Solo. Telp(0271)637557
   3. HOTEL ARINI : Jl. Slamet Riyadi No 361 Solo. Telp(0271)716525
   4. HOTEL MANDALA WISATA : Jl. Perintis Kemerdekaan No 12 Solo. Telp(0271)722467 Fax(0271)742006
   5. HOTEL GRIYA KENCANA : Jl. Latar Ireng No 22 Solo Telp(0271)722467 Fax(0271)742935
   6. HOTEL MAWAR INDRIA : Jl. Monginsidi No 125 Solo. Telp(0271)632810 Fax(0271)652389
   7. HOTEL SUKA MAREM : Jl. dr. Sutomo No 11 Solo. Telp(0271)714887
   8. DE SOLO BOUTIQUE HOTEL : Jl. Dr. Sutomo No 08 Solo. Telp(0271)714887
   9. HOTEL ATINA GRAHA : Jl. Bangka No 30 Solo. Telp(0271)654549
  10. HOTEL TIARA PUSPITA BARU: Jl. Dr. Rajiman No 404 Solo. Telp(0271)729805
  11. HOTEL PRASASTI : Jl. Letjen Suprapto No 81 Solo. Telp(0271)723990
  12. HOTEL WISMA BRANI : Jl. Setiyaki I/VII Solo. Telp(0271)714177

Semoga bermanfaat bagi Anda dan selamat berlibur di Kota Solo. (berbagai sumber)


Monday, July 9, 2012

pabrik teh pagilaran yang terabaikan

jalan-jalan kali ini ke arah selatan dari kabupaten batang jawa tengah. sekitar 2 jam, setelah melewati kecamatan wonotunggal, blado, bandar maka sampailah di pagilaran. kawasan perkebunun teh ini merupakan pabrik teh kualitas ekspor. merk yang di pasarkan sigma, terdiri dari teh hitam dan teh hijau.
pabrik teh pagilaran ini mudah dicapai dengan transportasi pribadi. bisa dengan mobil atau motor. tiket masuk sepeda motor 6000. jalan menuju kawasan wisata pagilaran ini mudah dan nyaman karena didukung oleh jalan aspal yang mulus. sepanjang perjalanan disuguhi pemandangan alam yang hijau dengan udara sejuk. 
memasuki kecamatan blado dan bandar sepanjang jalan tercium aroma cengkeh yang harum, maklum karena daerah ini merupakan penhasil cengkeh. sepanjang jalan juga terlihat kebun cengkeh.
setelah sampai di lokasi pabrik pagilaran, saya diarahkan oleh satpam menuju tempat parkir. maunya sih langsung ke loaksi pabrik tehnya. di parkiran ternyata sudah banyak juga mobil dan motor wisatawan lokal, meskipun hari masih pagi. 
disini mulai ada yang aneh, karena saya tidak tahu mau ngapain. sebenarnya kawasan ini menyediakan banyak onyek yang bisa dilihat. ada air terjun, taman, kebun teh yang luas. namun saya tidak tahu harus mulai dari mana. air terjun jauh dari tempat parkir. dengan sedikit nekat, saya beranikan diri amsuk ke area pabrik pengolahan teh. walaupun pada awalnya saya tidak boleh masuk dengan sepeda motor, namun saya pikir, jauh-jauh kesini mau ngapain kalo tdak melihat pabrik dan proses pengeolahan tehnya.
memasuki are pabrik, saya melihat beberapa bangunan, dengan ruang-ruang terpisah. saya melihat ruang penelitian, dari jendela saya melihat ada beberapa contoh daun teh. saya sebenarnya ingin melihat langsung dari dalam, namun karena tidak ada penjaga atau orang disitu, saya cukup melirik dari jendela.
masuk lebih dalam ke area pabrik, saya melihat truk -truk yang sedang menurunkan dauh teh  hasil petikan yang dimasukan kedalam ruang pelayuan. sebenarnya sayan ingin sekali melihat proses pembatan daun teh hingga menjadi teh. namun, saya tidak melihat seorangpun yang peduli dengan kehadiran pengungjung. pekerja-pekerja pabrik terlihat sibuk dengan kegiatannya sendiri. 
kiranya wajar jika pengunjung  berharap dapat menikmati sekaligus melihat pengolahan teh di pabrik ini. namun hal itu terynata tidak saya dapatkan.
wisatawan atau pengunjung seperti diabaikan, tidak ada perhatian sama sekali dari pengelola. pengunjung bener2 bingung mau ngapain. mau ke area kebun teh, tidak ada penunjuk jalannnya, mau melihat proses pengolahan teh, tidak ada akses untuk pengunjung.
akhirnya saya hanya bisa menikmati sepiring kupat tahu dengan segelas teh panas di warungnya mbak esty.
dengan mbak esty ngobrol tentang pagilaran, katanya dari dulu sampe sekarang juga masih seperti ini, gak ada pekembangan. ternyata, pengelolaan wisata pagilaran ini memang bermasalah, pantas kalau pengunjung merasa terabaikan. bagi sobat blooger yang suka dengan wisata alam, pabrik teh pagilaran tidak di rekomendasi, kecuali hanya untuk jalan2 menikmati udara segar.


Blog Archives

kolom komentar

Dapatkan comment widget ini di sini
Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More