Total Pageviews

musim liburan hampir tiba....siap lebih awal

Friday, December 14, 2012

menikmati Burdas lezat pontianak

burdas, pertama kali membaca tulisan itu waktu masih dalam pesawat garuda yang saya tumpangi dalam perjalanan ke pontianak kalimantan barat. kebetulan  dalam perjalanan dari jakarta ke pontianak, majalah garuda mengulas tentang kalimantan barat, terutama kota pontianak dan kota  singkawang. mulai dari sejarahnya sampai tempat-tempat wisata yang patut untuk dikunjungi. salah satunya adalah kulinernya, burdas dan es lidah buaya.





setelah urusan kerjaan selesai pada malam hari, saya sengaja mengajak teman untuk berkeliling kota pontianak dimalam hari. tujuan pertama saya adalah menemukan burdas, makanan khas kalimantan barat yang hanya ada di pontianak. dibantu teman yang ada di surabaya, googling lokasi burdas yang paling dekat dengan pusat kota pontianak. info yang ada, burdas ada di jalan merdeka, dekat stimik. kami langsung menuju ke tekape. benar, warung burdas ada disini, di jalan merdeka.
burdas yang masih panas di sajikan dengan teh manis panas. ternyata burdas ini terbuat dari 17 jenis sayuran yang dimasak dengan bumbu rempah, disajikan dengan kacang tanah dan ikan teri goreng sebagai pelengkap. burdas ini semacam oblok-oblok kalau di jawa,namun tanpa parutan kelapa muda dan buah cepokak.

Wednesday, December 12, 2012

cara membatik tulis tradisional di kalipucang batang

keahlian membatik semakin langka pada saat ini. keahlian membatik hanya dimiliki oleh beberapa orang saja di daerah tertentu. kehalian membatik biasanya dimiliki secara turun temurun dan otodidak. sebagai sebuah kebiasaan dalam melakukan pekerjaan yang dilakukan oleh pekerja di juragan batik.
canting, peralatan untuk membatik,menggambar pola dalam kain batik

proses menggambar dengan canting pada selembar kain 

proses pewarnaan kain batik tulis

proses peluruhan,menghilangkan kanji pada kain batik hasil membatik


Monday, December 3, 2012

menu sehat murah meriah di RM. Mang YEYE subang

perjalanan dari jakarta ke kota cirebon yang biasanya melalui cikampek, kami kali ini mencoba lewat jalur tengah, melalui purwakarta, subang hingga sampai di cirebon. jalur cikampek di perkirakan macet, sekalian ada teman yang rumahnya purwakarta, sehingga kami mencoba jalur ini.






perjalanan lancar tidak ada kemacetan, kecuali pada waktu keluar dari kota purwakarta sekitar jam 19.00 wib. kebetulan pada waktu bubaran pabrik,jadi jalan banyak angkot dan jemputan yang parkir di sepanjang jalan.
setelah masuk kota subang, jalan lancar, dan mulus. namun jalan beton yang dibuat kurang rata. sehingga harus lebih pegangan erat2,pa lagi ngebutnya...
jam 21.00 wib, kami istirahat makan malam di RM. MANG YEYE. rumah makan ini cukup ramai, pengunjungnya kebanyakan sama dengan kami, yang sedang dalam perjalanan.
di rumah makan ini, saya sedikit bingung padaawalnya, kok tidak ada pelayan RM yang datang untuk menyanyakan kami mau makan apa. ternyata, pelayannya datang juga nanyain kami mau minum apa. kami pesan kopi dan teh panas. setelah minumannya datang, tidak lama kemudian datang menu makanan lengkap. ternyata di sini, ada menu serahan dan menu pesanan. artinya nggak usah pesen pengunjung yang sudah duduk, akan di anterin menu lengkap seperti dalam foto itu.  makanannya cocok dengan lidah jawa, maklum, masakan sunda plus lalapan seger. soal harga, dijamin murah. makan bertiga hanya bayar 55ribu.murah kan....
nah..buat sobat blogger yang suka nyoba-nyoba kuliner baru, RM. BANG YEYE ini bisa direkomendasikan deh....


Tuesday, November 27, 2012

mancing alay di ujungkulon

jalan-jalan kita kali ini berbeda dari yang sudah pernah biasa dilakukan. kalau dulu naik kapal cuma nyebrang aja, namun kali ini bener-bener berencana jalan-jalan di laut alias mancing. rame-rame berangkat dari jakarta, ggak cuma dengan teman sekantor, tapi juga temen2 dari kantor world bank. 
persiapan mancing kali ini bener2 direncanaain dengan serius, jauh2 hari sudah beli perlengkapan mancing buat peserta. maklum, kali ini peserta mancing nggak cuma yang hobi mancing, tapi juga yang cuma pengen seru-seruan. total peserta mancing ada 15 orang.
berangkat dari jakarta jam 7 malem, menuju labuan banten. sampai di kondominium lippo bay resort pantai carita pukul 23.30 wib.  kita menginap semalem buat istirahat. pukul 03.00 wib pagi kita langsung menuju ke dermaga kapal di kecamatan sumur. sampai di rumah pak haji, yang sewain kapal buat mancing sekitar jam 6 pagi, kita langsung di sediain teha panas, kopi panas dan pisang goreng. setelah ngopi kita sarapan pagi di warung sebelah, karena rumah pak haji ini memang di pasar kecil pinggir tpi tradisional. sambil kita sarapan pagi, ABK angkut barang-barang kita ke kapal, tidak lupa kita juga beli perbekalan untuk selama berada di kapal. mulai dari bumbu-bumbu masak, beras, air mineral, buah2an, umpan pancing, berupa cumi2 segar, semua lengkap. setelah semuanya beres, kita siap naik ke kapal, untuk sampai di kapal yang kita sewa, kita harus naik perahu kecil dulu, maklum, pantainya dangkal jadi kapal besar tidak bisa sampai ke tepi.
selain buat nyebrang ke kapal yang lebih besar, tempat ini juga merupakan TPI ( tempat pelelangan ikan) tradisional. nelayan yang pulang dari berlayar, menurunkan ikan hasil tangkapannya di tempat ini, makanya pagi ini tempat ini ramai sekali, banyak kegiatan jual beli ikan. ikan yang baru datang langsung serbu pedagang yang sudah menunggu. sebagian besar pedagang ikan disini adalah ibu-ibu. ikan hasil tangkapan nelayan juga bermacam-mcam jenisnya, dari ikan teri sampai ikan tongkol. pagi ini selain rame oleh aktifitas pedangan dan nelayan, tempat ini tambah ramai dengan aksi jeprat jepret hehehe...
untuk sampai ke kapal untuk mancing, kami naik 2 perahu,satu untuk barang dan pemancing, dan satunya lagi untuk pemancing. maklum perahunya kecil jadi gak muat kalau cuma 1 perahu untuk menyeberang.
sampai di kapal motor panaitan, kami langsung menuju spot fishing yang pertama. perjalanan diinformasikan sampai 6 jam. selama perjalanan laut tenang, ombak tidak terlalu tinggi. pemandangan laut yang indah, jernih, angin yang tidak terlalu panas, membuat perjalanan semakin asik. namun ini tidak terlalu lama, karena berikutnya, semua orang kayaknya tidur..hahahah....
sampai di spot fishing, dengan  mata yang masih ngantuk, mengamati sekeliing. umpan sudah disiapain, tinggal bagi2 pancing dan ambil posisi masing-masing.
mancing di sekitar ujung pulau jawa ini memang asik, ombak tidak terlalu besar, cenderung tenang. angin juga tidak kencang. teknik mancing yang kami pakai adalah teknik jiggling, karena perlatan mancing tidak mendukung untuk popping. rata2 semua dapat ikan, ikan kerapu, kakap merah, sampai ikan yang gak tahu namanya apa....
hasil dari mancing pagi ini langsung di serahkan kepada ABK untuk segera di masak, sebagai lauk makan siang. ya..karena ternyata kami hanya membawa perbekalan bumbu, minyak dan beras. untuk lauknya mengandalakan hasil tangkapan pancing saat itu juga..wah.....nekat...
sekitar 2 jam di spot fishing pertama, kami pindah lokasi mancing, namun masih di sekitar ujung pulau jawa. disini berpindah2 lokasi, kadang bertemu dengan kelompok pemancing lain. rencananya, kami di lokasi ini sampai besuk pagi. jadi kami menginap di kapal ini, sampai besuk pagi. cuaca mendukung, hanya hujan sekali kira2 jam 18.00 wib. setelah itu reda sampai pagi.
kami tidur di atas kapal, masing2 ambil posisi yang paling nyaman, berdesesak2kan..namun ada juga yang dapat tempat tidur nyaman. kalau pakai mantel hujan, bisa tidur di atas kapal.
pagi-pagi...udah ada yang mulai mancing, aku sih..bangun karena udah terasa panas di dalam kapal..hehehe
lanjutin mancing..setelah cuci muka dan gosok gigi, mandinya ditunda dulu, maklum persediaan air terbatas...
seperti yang lalu-lalu, hasil pancingan kita pagi ini buat makan siang nanti, pagi ini kita sarapan bubur kacang ijo. kita puas2in mancing pagi ini sampai siang, dan sekitar jam 11 siang kita menuju pulau peucang, taman nasional ujung kulon. disini kami sandar kapal, berenang dipantai, dan mandi. di pulau ini kami bertemu dengan beberapa orang yang datang dengan kapal. setelah ngobrol ternyata mereka akan berziarah ke gua sang hyang yang ada di ujung pulau ini. selain bertemu dengan bapak-bapak peziarah,kami juga ketemu dengan sekelompok wisatawan asing yang datang dengan 2 kapal cepat. mereka ke pulau ini setelah berlibur dari kratatau. menginap di bungalow disini, untuk satu rumah, biayanya US $250. 

tiba di lippo bay kondominium pantai carita

suasana tpi tradisional kecamatan sumur batu banten
transaksi hasil laut di tpi sumur batu banten di pagi hari

kebanyakan pedagang ikan adalah perempuan, sedangkan kaum prianya menjadi nelayan

menunggu hasil laut yang akan di bawa mendarat oleh nelayan

perbekalan mancing sehari semalem

menyeberang ke kapal mancing menggunakan perahu kecil

kapal mancing kita


ikan barracuda hasil trolling

eksyen dulu....

kawasan taman nasional ujungkulon

kapal kita mendarat untuk mandi dan makan siang di pulau peucang


















Tuesday, November 20, 2012

lombok trip @ gilitrawangan

catatan LOMBOK today,hari ini aku terbang naek pesawat garuda baru, spesifikasinya CRJ 1000 dgn kapasitas 96 orang. untuk melayani jarak pendek, efisien dan bisa manuver menghindar awan2 nimbus yang nakal sepanjang perjalanan yang suka bikin black out, waktu sampe di bandara baru namanya Praya, kita langsung naek damri menuju senggigi, sayangnya pas sampe ujung senggigi mau naek taksi alat snorkling kita tertinggal di bus damri,,,jiahhh....tapi akhirnya kita langsung naek taksi menuju bandara bangsal dan ngejar public boat yang ke gili trawangan, dan ternyata boat itu cuma sisa nunggu 3 orang, wkwkwkw pas banget, kami juga ber 3,kapal menuju gili trawangan 20 menit, sampe sana laparrr banget, makan cari local food, langsung nyari hotel, nyari hotel ini agak ribet coz saat ini long weekend dan semua kamar yang asik dan etnik terisi penuh semua. akhirnya dapat juga kita bungalow depan pantai, walau ga sesuai keinginan, yang penting bisa buat bobok, malamnya kita jalan2 keliling gili yang ternyata hampir semua isinya orang bule, bule everywhere, *ini negaranya syapa ya* karena kaki sudah pegel, akhirnya kita balek hotel sebab besok pagi2 kita mau cek sunrise, terus ikut kelas yoga dan mau snorkling ke 3 gili semuanya asik menyenangkan,dan menentramkan.. .....blm bisa aplot foto....

Monday, November 12, 2012

factory outlet heaven bali di bandung







Monday, November 5, 2012

proses membuat batik tulis tradisional

cara membuat batik tulis atau membatik dengan cara tradisional. pembatik menggunakan canting dan proses pewarnaan .........
canting yang digunakan untuk menggambar/menuliskan batik
proses mambatik dengan menggambar di lembar kain dengan canting
 proses pelorotan dengan kanji

proses pewarnaan kain batik





Blog Archives

kolom komentar

Dapatkan comment widget ini di sini
Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More